Tuesday, September 11, 2012

Formasi Gumai

Formasi Gumai secara umum didominasi oleh serpih dengan sisipan batupasir, lanau, serta batugamping. Dimana pada bagian bawah sisipan batugamping dijumpai semakin intensif.

Serpih yang dijumpai berwarna abu-abu gelap hingga abu-abu kecoklatan, dengan kekerasan sedang, padat, berbentuk sub blocky sampai sub platy, bersifat slighty calcareous.

Batupasir pada formasi ini memiliki porositas baik hingga buruk, berwarna abu hingga abu-abu terang, bening , dan putih kotor. Bersifat lepas ,sehingga terkonsolidasi baik dengan semen karbonat.

Batugamping pada formasi ini merupakan jenis kristalin hingga chalky limestone, wackstone, berwarna putih, putih kotor, dan abu-abu terang, agak keras sampai keras.

Lanau berwarna abu-abu terang dengan kekerasan sedang hingga keras, dijumpai bintik-bintik karbon dan streak karbon, lensa-lensa serpih dan bersifat karbonatan.

Bagian bawah Formasi Gumai didominasi oleh serpih dengan sisipan tipis batupasir, batugamping dan sedikit lanau.

Serpih pada bagian bawah dari formasi ini dicirikan oleh sifat gampingan, dengan warna abu-abu gelap hingga abu-abu kecoklatan, berbentuk sub blocky hingga sub platy, dengan kekerasan sedang hingga keras.

No comments:

Post a Comment