Sunday, September 23, 2012

Klasifikasi AVO

Rutherford dan William (1989) mengklasifikasikan respon AVO pada batupasir yang terisi gas menjadi tiga kelas reservoar yaitu:

Class 1 : batupasir gas dengan impedansi tinggi
Class 2 : batupasir gas dengan impedansi hampir nol
Class 3 : batupasir gas impedansi rendah

Class 1: batupasir gas dengan impedansi tinggi

Batupasir kelas ini ditandai dengan impedansi akustik relatif lebih tinggi dari lapisan penutupnya. Batas antara shale dan batupasir akan menghasilkan koefisien refleksi positif. Pada zero offset ditandai dengan amplitude positif dan mengalami penurunan magnitude amplitude sejalan bertambahnya offset. Batupasir kelas ini merupakan batupasir yang terkompaksi sedang hingga highly solid compacted.

Class 2 : batupasir gas dengan impedansi hampir nol

Batupasir kelas ini cenderung memiliki nilai impedansi akustik hampir sama dengan batuan penutupnya. Batupasir pada tipe ini merupakan batupasir yang terkompaksi dan terkonsolidasi sedang. Pada zero offset ditandai dengan amplitude positif lemah pada offset tertentu , terpolarisasi menjadi negatif , dan makin negatif ke arah offset yang lebih besar.

Class 3: batupasir gas impedansi rendah

Batupasir kelas ini ditandai dengan impedansi akustik yang lebih rendah dari lapisan penutupnya. Batupasir kelas ini memiliki tingkat kompaksi yang rendah. Pada zero offset ditandai dengan amplitude negatif , dan makin negatif dengan bertambahnya offset.

No comments:

Post a Comment